Hasil Survey Kepuasan Masyarakat 2021

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Unit Pelayanan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Singkawang pada bulan September 2021 dan berhasil mengumpulkan sejumlah 100  responden. Survey yang dilakukan dengan melakukan wawancara langsung kepada tiap responden oleh petugas survey. Selanjutnya dilaksanakan kompilasi dan analisa terhadap hasil survey yang dilakukan untuk memperoleh hasil analisis matematis yang menggambarkan sistem layanan unit pelayanan masyarakat.

Survey (IKM) menghasilkan gambaran terhadap sistem layanan yang diselenggarakan Perangkat Daerah dalam kurun waktu tahun 2021. Nilai tiap unsur pelayanan yang digunakan sebagai indikator penilaian terkait dengan Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya / Tarif, Produk Layanan, Kompetensi Petugas Pelayanan, Sikap dan Perilaku Pelaksana, Sarana dan Prasarana, dan Penanganan Pengaduan. Masing-masing unsur pelayanan memiliki bobot nilai sebagaimana telah diuraikan pada bab sebelumnya.

Selanjutnya dilakukan analisa hasil survey sesuai dengan kualifikasi unsur pelayanan sehingga dapat diperoleh nilai dan kualitas sebagaimana diuraikan sebagai berikut.

No UNSUR PELAYANAN NILAI RATA-RATA
1 Persyaratan 3,400
2 Prosedur 3,400
3 Waktu Pelayanan 3,310
4 Biaya / Tarif 2,870
5 Produk Layanan 3,270
6 Kompetensi Pelaksana 3,440
7 Perilaku Pelaksana 3,520
8 Sarana dan Prasarana 3,300
9 Penanganan Pengaduan 3,700
NILAI KEPUASAAN MASYARAKAT 83,83

 

Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan pada unit Pengujian Kendaraan Bermotor adalah BAIK (B). Berdasarkan hasil analisis sebagaimana dalam bahasan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:

Secara umum kualitas pelayanan dalam unit pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Singkawang dipersepsikan Baik oleh masyarakat penggunanya. Hal ini terlihat dari Nilai Interval Survei Kepuasan Masyarakat antara 3,0644 – 3,532 dan Nilai Interval Konversi Survei Kepuasan Masyarakat yang diperoleh berkisar di antara 76,61-88,30. Nilai SKM / Hasil IKM Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor yang diperoleh dari 9 unsur pertanyaan pelayanan pada kuisioner yang diisi oleh responden adalah 83,83.

Semua unsur menunjukkan hasil yang baik dengan nilai rata-rata Indeks 3,353. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan di Unit Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor Kota Singkawang masih dikatagorikan dalam mutu pelayanan BAIK (B) 76,61- 88,30.