Home Berita Hasil Uji Coba Trayek Singkawang-Kuching melalui PLBN Aruk

Hasil Uji Coba Trayek Singkawang-Kuching melalui PLBN Aruk

1102
0
SHARE

Kendaraan PLBN Aruk bulan Agustus sudah bisa dibuka. Namun semua sektor harus bekerjasama untuk mewujudkannya.

Ahmad Wahyudi Kasubdit Multimeda Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengatakan, “Kami dan perhubungan provinsi Kalimantan Barat mempunyai kesepakatan yang Insya Allah bulan Agustus arus kendaraan melewati PLBN ini akan dibuka,”. Hal ini beliau sampaikan saat memberikan sambutan dalam rangka uji coba trayek angkutan umum Singkawang Sambas Kucing (Indonesia-Malaysia), Rabu (28/3) di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Hasil yang di capai dari uji tayek tersebut yaitu :

  1. Direncanakan akan dibuat trayek/laluan Singkawang-Aruk-Biawak-Kuching
  2. Jumlah kendaraan umum (bus) direncanakan sebanyak 20 kendaraan, diantaranya 10 bus dari Indonesia dan 10 bus dari Malaysia
  3. Rute Singkawang-Aruk-Biawak-Kuching akan resmi dibuka pada bulan Agustus 2018.
  4. Kabupaten Sambas menjadi jalur lintasan trayek angkutan umum rute Singkawang-Aruk-Biawak-Kuching. Sehingga Pemerintah Kabupaten Sambas merencanakan pembangunan rest area.

Untuk mewujudkan hal tersebut, semua sektor harus bekerjasama, dan tentunya juga kebijakan yang cukup cepat. Dengan melalui rute PLBN Aruk perjalanan menjadi lebih cepat hingga 4 jam dibandingkan melalui PLBN Entikong. Diharapkan dengan uji coba trayek ini, dapat menjadi sejarah baru antara Indonesia dan Malaysia sehingga dapat meningkatkan kerjasama bidang ekonomi dan transportasi serta pembangunan. Dengan adanya pembukaan PLBN Aruk dapat mempercepat untuk dioperasionalkan lalu lintasnya, yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat khususnya di Kota Singkawang & Sambas. Selain itu dengan mudahnya akses antar kedua negara dapat menjalin silaturahmi antar negara serumpun.

(Dian-Dhita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.